Cara Memindahkan Akun WhatsApp Ke HP Baru

Posted on

Ketika membeli sebuah HP baru, hal penting yang perlu kamu lakukan adalah memindahkan akun WhatsApp di hp lama ke yang baru. Lalu bagaimana cara memindahkan akun WhatsApp ke HP baru? adakah cara mudahnya? tentu ada!

Meskipun memindahkan akun WhatsApp ke perangkat baru adalah hal mudah, namun masih ada saja yang belum mengetahuinya. Terlebih lagi untuk orang yang benar-benar awam akan yang namanya teknologi.

Untuk memindahkan akun WhatsApp dari HP lama ke HP baru ada hal-hal yang harus diperhatikan. Pertama nomor telepon yang digunakan haruslah masih aktif dan yang kedua pengguna memiliki akses ke akun tersebut.

Jika kedua hal penting itu sudah terpenuhi, kamu bisa segera melakukan pemindahan akun WhatsApp ke HP baru.

Cara Memindahkan WhatsApp Ke HP Android Baru

1. Lakukan Backup Terlebih Dahulu

Cara pertama kamu bisa melakukannya tanpa bantuan aplikasi. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan backup data WhatsApp kamu, baik beruta pesan teks, foto ataupun video.

Hal tersebut perlu dilakukan agar semua data dapat diakses ketika WhatsApp dibuka di HP yang baru. Backup ini sangat penting, karena pihak WhatsApp tidak menyimpan semua data milik pengguna tanpa izin dari penggua aplikasinya.

Untuk melakukan backup data pada WhatsApp cukuplah mudah, ikuti beberapa langkah dibawah ini.

1. Buka terlebih dahulu aplikasi WhatsApp pada HP kamu, kemudian tekan icon titik tiga yang ada pada bagian kanan atas.

2. Kemudian pilihlah menu “pengaturan” atau “setting

3. Pilihlah menu “chat

4. Lalu pilih menu “cadangan chat” dan tekan tombol hijau yang bertuliskan ” cadangkan chat

5. Setelah kamu menekan tombol “cadangkan chat” pilihlah email yang kamu gunakan untuk melakukan backup. Tunggu sampai selesai proses backup.

6. Pastikan, saat melakukan backup, koneksi internet kamu stabil dan kuat untuk menghindari kegagalan.

2. Memindahkan Data Backup Ke HP Baru

Setelah kamu selesai melakukan backup data pada WhatsApp, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memindahkan atau “restore” WhatsApp yang sudah dibackup ke HP yang baru. Agar saat WhatsApp di buka di HP yang baru semua data yang kamu miliki bisa diakses kembali.

Pertama, silahkan install aplikasi pesan WhatsApp di HP yang baru. Lalu pastikan juga nomor telepon dan email yang digunakan adalah sama dengan yang digunakan untuk backup sebelumnya.

Setelah hal itu dipastikan silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi WhatsApp yang sudah terinstal di HP baru, kemudian klik “agree & continue

2. Lalu kamu akan melihat popup yang meminta izin untuk mengakses informasi Simcard yang kamu gunakan. Silahkan klik “continue

3. Silahkan lakukan verifikasi nomor telepon dengan memasukan nomor telepon yang kamu gunakan dan klik “next“.

4. Setelah itu klik “ok“, tunggu sebentar hingga kamu menerima pesan dari WhatsApp yang berisikan kode verifikasi.

5. Setelah kamu menerima pesan, biasanya pada aplikasi WhatsApp akan muncul popup yang berkaitan dengan verifikasi, silahkn klik “allow“.

6. Sampai tahap ini, nomor WhatsApp kamu berhasil diverifikasi, selanjutnya akan muncul popup lagi yang meminta izin untuk mencari dan mengakses file backup di email yang kamu gunakan. Silahkan klik “Continue“.

7. Apabila email yang kamu gunakan benar, maka file backup akan ditemukan dan kamu bisa mengklik “restore” untuk mengembalikan data yang sebelumny kamu backup ke HP yang baru.

8. Tunggu beberapa saat hingga proses pengembalian selesai. Lama prosesnya tergantung dari ukuran file backup. Semakin kecil maka semakin cepat, semakin besar ukuran file maka prosesny akan semakin lama.

9. Setelah selesai, maka sampai tahap ini kamu sudah berhasil memindahkan akun whatsapp ke HP yang baru.

https://www.youtube.com/watch?v=VDtnlrF_XJk

Artikel Lainnya Terkait Trik WhatsApp: