Cara WhatsApp Tanpa Save Nomor di Iphone Dijamin Berhasil

Posted on

Ada kalanya para pengguna WhatsApp ingin mengirim pesan di nomor yang baru dikenalnya. Karena baru, para pengguna tidak ingin menyimpannya. Tenang saja, ada cara WhatsApp tanpa save nomor di Iphone yang dapat dilakukan bagi para pengguna yang memakai perangkat iOS.

Banyak pengguna yang mungkin mengandalkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan hal ini. Sebenarnya itu bukan hal yang salah dan justru cukup efektif, karena cukup banyak aplikasi yang menawarkan fitur mengirimkan pesan tanpa save kontak.

Namun untuk aplikasi WhastApp di iOS, sepertinya para pengguna tidak perlu sampai menambah aplikasi lain di smartphone dan membebani perangkat. Para pengguna bisa melakukannya walaupun tanpa memasang aplikasi yang lain.

Pengiriman Pesan Melalui WhatsApp

Sepertinya tidak perlu lagi dijelaskan apa yang dimaksud dengan WhatsApp dan aplikasi yang seperti apa WhatsApp itu. Karena bisa dipastikan, hampir semua pengguna smartphone di Indonesia mengetahui dan menggunakan aplikasi satu ini.

Namun, kadang para pengguna tidak menyadari basis pengiriman pesan dari aplikasi ini. Terlebih di sistem operasi yang lebih khusus penggunaannya seperti iOS. Hal ini membuat para pengguna tidak menyadari.

Adanya celah untuk mengirimkan pesan WhatsApp pada aplikasi tanpa harus menyimpan nomornya terlebih dahulu. Umumnya, ketika para pengguna ingin mengirim pesan, para pengguna harus memiliki kontak dari si penerima pesan terlebih dahulu.

Hal yang tidak disadari oleh para pengguna WhatsApp adalah aplikasi ini tidak mengirimkan pesan dengan informasi kontak yang tersimpan. Namun, melalui nomor telepon yang terhubung pada kontak tersebut.

Karena informasi utama dalam pengiriman pesannya adalah nomor telepon, jadi tidak ada masalah walaupun para pengguna tidak menyimpan kontak. Asal memiliki informasi nomor telepon pengguna dengan lengkap.

Asal sudah memiliki nomornya, para pengguna bisa melakukan berbagai cara di bawah ini untuk melakukan pengiriman pesan. Tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan, dan menambah beban pada sistem operasi iOS.

Cara WhatsApp Tanpa Save Nomor di iPhone

Para pengguna iPhone mungkin bingung bagaimana cara agar bisa mengirim pesan WhatsApp tanpa simpan nomor terlebih dahulu. Memasang aplikasi tambahan bisa jadi solusi, namun karena sistemnya yang lebih khusus.

Memasang berbagai aplikasi secara sembarangan pada iPhone bisa jadi malah membebani bagi iPhone. Apalagi jika sumber aplikasinya tidak jelas, hal yang terjadi malah akan menimbulkan kerusakan pada iPhone.

Tentu saja, jika bisa para pengguna ingin menghindari hal yang bisa menimbulkan kerusakan pada iPhone. Berikut adalah berbagai cara alternatif yang bisa dilakukan dengan lebih aman dan mudah, diantaranya:

1. Ubah ke Mode Privacy pada WhatsApp

Cara WhatsApp tanpa save nomor di iPhone yang pertama adalah dengan menggunakan mode Privacy. WhatsApp memiliki pengaturan privacy yang bisa melindungi informasi para penggunanya ketika sedang mengirim pesan. Selain itu, iPhone juga sudah memiliki pengaturan Privacynya sendiri.

Jika dikombinasikan, fitur ini akan membuat pengiriman WhatsApp semakin aman. Para pengguna bisa menggunakan pengaturan privacy pada iPhone ini pada aplikasi WhatsApp

Terutama, pada para pengguna iPhone dengan iOS 14 ke atas. Fitur Privacy ini sudah lebih ditingkatkan dari sebelumnya. Berikut adalah cara mengaktifkan fitur satu ini:

  • Buka aplikasi ‘Setting’ atau ‘Pengaturan’ utama yang ada pada iPhone.
  • Masuk ke bagian sub menu ‘Privacy’, kemudian pilih opsi ‘Contacts’ yang ada di dalam sub menu tersebut.
  • Scroll list aplikasi yang ada pada opsi tersebut, cari sampai menemukan aplikasi WhatsApp.
  • Geser toggle yang ada di samping logo WhatsApp. Dari warna putih menjadi warna hijau, untuk mengaktifkan fitur Privacy ini pada aplikasi.
  • Setelah sudah aktif, para pengguna bisa langsung beralih membuka aplikasi WhatsApp.
  • Tekan opsi ‘Chats’ pada aplikasi tersebut.
  • Ketuk ikon yang ada di kanan atas, akan muncul kotak untuk memasukkan nomor tujuan pesan.
  • Para pengguna tinggal mengetikkan nomor WhatsApp tujuan dan bisa mengirimkan pesan tanpa perlu menyimpan kontak tersebut.

Jika para pengguna ingin menonaktifkan fitur ini, para pengguna tinggal masuk lagi ke dalam fitur Privacy di pengaturan. Kemudian, menggeser toggle di sebelah simbol WhatsApp jadi fitur tersebut bisa dinonaktifkan.

2. Gunakan Shortcut Melalui Situs

Cara WhatsApp tanpa save nomor di iPhone kedua dengan memanfaatkan fitur Shortcuts. iPhone terutama pada sistem operasi versi 14 nya memiliki fitur khusus yaitu Shortcuts Send WhatsApp.

Dengan fitur ini, para pengguna bisa mengirim WhatsApp dengan menggunakan link Shortcuts yang mengarah pada nomor WhatsApp tujuan. Asal para pengguna memiliki informasi mengenai nomor telepon yang menjadi tujuan.

Para pengguna pasti bisa mengirimkan pesan. Adapun langkah yang bisa dilakukan yakni:

  • Buka fitur Shortcuts pada iPhone, jika kesulitan para pengguna bisa mencarinya pada kolom pencarian.
  • Jika iPhone baru saja diperbarui, ada kemungkinan fitur ini belum ada jadi para pengguna perlu install dulu melalui App Store.
  • Setelah terbuka, para pengguna tingga menuliskan nomor telepon WhatsApp tujuan pada kolom yang sudah disediakan.
  • Tekan tombol ‘Done’ kemudian klik ikon WhatsApp pada pilihan ikon yang tersedia.
  • Para pengguna nanti akan diarahkan pada aplikasi WhatsApp dan langsung pada kolom chat dengan nomor tujuan. Jadi, para pengguna bisa langsung mengirim pesan dan kontak tidak perlu disimpan terlebih dahulu.

Perlu dipahami oleh para pengguna bahwa untuk menggunakan fitur ini, para pengguna harus menggunakan versi iOS minimal iOS 14. Karena fitur ini tidak tersedia di variasi iOS yang lain.

3. Ketikan Link WhatsApp Secara Manual

Untuk para pengguna iOS yang menggunakan iPhone dibawah versi 14, tenang saja masih ada cara WhatsApp tanpa save kontak yang bisa dilakukan. Caranya juga dengan menggunakan link dari WhatsApp.

Safari pada iPhone secara spesifik bisa mengenali link yang dimasukkan. Jadi, jika ada link aplikasi yang sudah dipasang. iPhone bisa dengan otomatis membuka aplikasi, hal inilah yang bisa dimanfaatkan perangkat iPhone.

Dengan memasukkan link WhatsApp pada Safari akan langsung mengarahkan pengguna pada kolom chat nomor tujuan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah langkah yang perlu dilakukan, diantaranya:

  • Buka Safari yang ada di iPhone, kemudian klik pada kolom alamat situsnya.
  • Ketikan format link WhatsApp standard di bagian kolom tersebut yaitu ‘Wa.me/nomor tujuan’.
  • Ketikan nomor tujuan pada link dan pastikan nomor sudah benar.
  • Setelah itu, mulai pencarian terhadap link tersebut.
  • Para pengguna akan sampai ke halaman penghubung Safari.
  • Pada halaman tersebut pilih ‘Kirim Pesan’ yang ada pada bagian bawah informasi nomor.

Setelah itu, para pengguna akan langsung diarahkan pada aplikasi WhatsApp. Tidak hanya membuka aplikasi saja. Namun, langsung pada kolom chat dengan nomor tujuan. Jadi, para pengguna bisa langsung mengirim pesan yang diinginkan.

Penutup

Itulah Cara WhatsApp tanpa save nomor di iPhone, dengan cara di atas tidak perlu lagi menyimpan nomor kontak. Apalagi, harus menambah aplikasi baru hanya untuk mengirim pesan tanpa save kontak.

Dengan beberapa cara yang telah diuraikan tersebut, diharapkan pengguna iOS tidak perlu kebingungan lagi jika ingin melakukan percakapan di WhatsApp tanpa menyimpan nya. Dengan cara tersebut, pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi bantuan dalam melakukannya.

Artikel Lainnya Terkait Trik WhatsApp: