Cara WhatsApp Gratis Telkomsel tanpa Aplikasi yang Super Gampang

Posted on

Kemudahan cara WhatsApp gratis Telkomsel tanpa aplikasi, membuat pengguna operator Telkomsel sering memanfaatkannya dalam berbagai kebutuhan. Apalagi bagi yang sedang menghemat kuota, atau tidak memiliki kuota untuk melakukan percakapan.

Meskipun informasi tentang cara supaya WhatsApp dapat digunakan dengan cuma-cuma lewat operator Telkomsel sudah banyak tersedia. Namun, masih ada sebagian kalangan masyarakat yang tidak mengetahui bagaimana cara tepat menggunakannya.

Atas alasan inilah, ulasan terkait akan dijabarkan dengan cukup ringkas. Dengan tujuan tidak sulit dimengerti khususnya untuk yang belum tahu. 

Silahkan simak secara teliti ulasan di bawah ini agar tidak ketinggalan. Kalau memungkinkan bisa langsung diterapkan, agar WhatsApp dapat dimanfaatkan secara gratis.

Tentang APN yang Mendukung Konektivitas

Mungkin tidak semua masyarakat yang menggunakan smartphone mengenal APN, padahal cukup penting terlebih yang mempunyai kepentingan koneksi jaringan. Access Point Name yang disingkat APN merupakan gerbang penghubung internet seperti GPRS, 3G,  dan 4G.

Dimana pemilik smartphone dapat mengatur APN untuk menjalankan internet dalam perangkat sesuai dengan operator seluler yang dipilih salah satunya Telkomsel. Di samping settingan APN, dapat pula dilakukan modifikasi dengan bantuan opsi acces point baru.

Acces point baru terletak pada opsi Jaringan atau Mobile Network dalam perangkat tetapi nama opsi dapat berbeda tergantung jenis smartphone. Umumnya opsi jaringan berada di menu Setting bersama opsi-opsi utama yang mengatur sistem.

Acces point baru inilah yang nantinya dipakai untuk penerapan cara WhatsApp gratis Telkomsel tanpa aplikasi atau pihak ketiga lainnya. Bukan hanya itu saja, APN baru bisa membantu dalam mengatasi gangguan koneksi internet atau menghindari penggunaan data.

Kendala jaringan internet, tentu dapat membuat penggunaan akses di dunia Maya menjadi terhambat yang artinya menghambat aktivitas digital. Terhambatnya aktivitas digital, bisa membuat kegiatan lainnya tidak dapat diselesaikan dengan baik.

Cara Melakukan WhatsApp Gratis Telkomsel dengan APN

Penggunaan WhatsApp secara gratis termasuk operator Telkomsel yang tanpa memanfaatkan aplikasi, dapat dilakukan dengan bantuan APN. Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana menjalankan APN, ikuti poin-poin tahapan berikut:

  • Buka Menu Pengaturan. Tahap awal yang perlu dilakukan adalah membuka menu Pengaturan sesuai letak dalam perangkat smartphone.
  • Klik Opsi Kartu SIM & Jaringan. Tahap selanjutnya klik opsi Kartu SIM & Jaringan disusul dengan Setelan Kartu SIM lalu pilih operator Telkomsel.
  • Klik Opsi APN Baru. Tahap ketiga, carilah opsi APN yang kemudian klik pada pilihan APN Baru.
  • Kustomisasi kolom Nama. Tahap keempat, lakukan kustomisasi pada kolom yang tersedia di bagian nama dengan WhatsApp.
  • Kustomisasi kolom APN. Tahap kelima, lakukan pula pengaturan pada kolom APN yang berisi Internet diikuti dengan kolom Proxy (28.83.45).
  • Simpan pengaturan yang telah dibuat. Setelah mengatur baik kolom Nama, APN, maupun Proxy klik opsi Simpan agar tidak hilang.
  • Klik Opsi WhatsApp. Terakhir, apabila ingin digunakan maka hanya perlu mengklik pada opsi WhatsApp yang sudah disimpan tadi.

Biasanya dengan mengatur pada bagian APN, WhatsApp dapat dimanfaatkan secara cuma-cuma oleh pemilik akun. Namun kalau kustomisasi masih belum berhasil, mungkin ada kesalahan dari pengisian APN dan Proxy.

Dimana bisa dicoba, APN (sabarbrn8) dan Proxy (52.74.83.214) sementara kolom port dapat diisi 80. Setelah itu, silahkan masuk kembali ke aplikasi perpesanan untuk mengetahui apakah sudah bisa diakses gratis atau belum.

Seandainya masih gagal juga, mungkin pemilik smartphone bisa mengecek kondisi perangkat yang siapa tau terdapat aturan tertentu. Maksudnya, tidak semua perangkat ponsel pintar memiliki pengaturan yang dapat diubah-ubah dengan manual.

Tahapan WhatsApp Gratis Telkomsel dengan VPN

Cara WhatsApp gratis Telkomsel tanpa aplikasi telah dibahas dalam bentuk tahapan di atas. Hanya, bagi yang tertarik menggunakan VPN dapat dilakukan tak kalah mudah dengan APN. Tetapi sedikit memerlukan pemasangan pihak ketiga (aplikasi), inilah tahapannya:

  • Unduh Anonytun. Tahap pertama, download aplikasi Anonytun pada website atau platform yang menyediakan software terkait kemudian lakukan pemasangan.
  • Klik Menu Stealth Tunnel. Tahap kedua, lanjutkan dengan menjalankan Anonytun diikuti menekan menu Stealth Tunnel untuk mengatur sistem.
  • Kustomisasi Menu Stealth Tunnel. Tahap ketiga, atur menu Stealth Tunnel dengan mengaktifkannya termasuk SSL Settings, lalu mengisi protokol (SSL); port (443).
  • Klik Opsi Edit SSL Setting. Tahap keempat, tekan opsi Edit SSL Setting dengan mencentang bagian True SSL dan Spoof Host:Port.
  • Isi perintah pada Spoof Host. Tahap kelima, lanjutkan mengisi bagian Spoof Host dengan perintah (v.whatsapp.net) kemudian angka 443 pada bagian Port.
  • Simpan kustomisasi dan konfigurasi. Tahap keenam, klik opsi Save agar pengaturan beserta konfigurasi tidak berubah kembali disusul dengan menekan server Best Performance.
  • Klik Opsi Connect. Tahap terakhir, klik opsi Connect sebagai koneksi Anonytun dengan server lalu tunggu hingga lambang kunci terlihat di bar atas smartphone.

Apabila tombol kunci sudah muncul di sisi atas dari bar smartphone, maka silahkan masuk ke dalam akun WhatsApp pribadi. Setelah itu, cobalah untuk mengirimkan pesan kepada kontak dengan tujuan apakah chat terkirim dengan gratis atau tidak.

Tahapan pemasangan Anonytun perlu memperhatikan ketersediaan pulsa atau kuota dalam kartu SIM yang menghubungkan jaringan internet. Ada baiknya gunakan SIM yang tidak memiliki pulsa agar mencegah hilangnya kuota pada kartu.

Sekilas Tips Menerapkan Tahapan WhatsApp Gratis Telkomsel 

Walaupun cara WhatsApp gratis Telkomsel tanpa aplikasi maupun yang menggunakan aplikasi sudah diketahui melalui dua tahapan. Tetapi tidak lengkap rasanya apabila tips khusus tidak turut diberikan yang mana dapat menjadi acuan sebelum menerapkan. 

Pengguna smartphone sebaiknya memastikan perangkat yang akan digunakan untuk pengaturan APN dan VPN mendapat dukungan. Tujuannya, supaya sewaktu melakukan konfigurasi APN dan pengunduhan VPN tidak membuat akses gagal.

Perhatikan APN dapat diatur atau tidak kemudian ruang penyimpanan perangkat memadai atau tidak. Apabila kedua tahapan memiliki dukungan, maka tinggal memilih mana yang mau diterapkan. 

Dengan berhasilnya akses, biasanya WhatsApp bisa digunakan secara gratis tanpa kuota sedikitpun. Namun kalau ternyata sewaktu mengirimkan atau membalas pesan di WhatsApp masih tertunda, maka dipastikan akses tersebut gagal dilakukan.

Penutup

Demikian kiranya cara WhatsApp gratis Telkomsel tanpa aplikasi dengan penjabaran tahap-tahap yang dapat dijadikan sebagai sumber referensi. Penting untuk diingat, disarankan agar pengguna smartphone mengecek dukungan dari perangkat. 

Bagi yang ingin menggunakan APN silahkan lihat di bagian APN Baru yang ada di Setting. Sementara yang memanfaatkan VPN bernama Anonytun, dapat mengecek di bagian ruang penyimpanan.

Untuk penerapan kedua tahapan di masa mendatang tidak menutup akan  membawa kendala atau gangguan. Oleh karena itu, semua kembali ke pengguna smartphone. 

Apabila merasa khawatir dengan pengaruh yang diberikan, maka jangan memanfaatkan cara tersebut. Oleh karenanya, tetap gunakan WhatsApp melalui akses internet seperti biasa, tidak perlu akses cuma-cuma.

Artikel Lainnya Terkait Trik WhatsApp: