Cara Agar Whatsapp Gratis Tanpa Kuota Internet Sama Sekali

Posted on

Tidak memiliki kuota, berarti sama saja tidak bisa menggunakan aplikasi WhatsApp padahal ada cara agar whatsapp gratis tanpa kuota yang dapat dilakukan. Namun, tentu cara ini juga tidak bisa dibilang mudah. Sebab, pengguna harus mengutak atik perangkat yang digunakan.

Tentu meski terbilang sulit, namun tak ada salahnya juga jika pengguna mencoba cara ini. Sebab cara ini bisa dijadikan sebagai alternatif saat kehabisan kuota di tengah jalanan sepi, sedang saat itu tengah dibutuhkan bantuan. Tentunya bisa dijadikan sebagai antisipasi.

Ada dua cara berbeda yang akan diuraikan. Sehingga pengguna bisa mencoba salah satunya. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut ini:

Cara Agar Bisa Menggunakan WhatsApp Gratis Tanpa Menyedot Kuota

Masih banyak yang tidak tahu jika nyatanya WhatsApp bisa dipakai gratis dan tanpa memerlukan jaringan internet. Bahkan cara yang akan diuraikan pun ada dua.

Sehingga saat satu cara yang dilakukan tidak berhasil, maka ada alternatif lain yang dapat dilakukan. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak uraian berikut ini:

1. Gunakan Fitur Beta Multi – Device : Pada Android

Tips dan cara pertama yang akan diuraikan kali ini adalah dengan menggunakan fitur Beta Multi device yang tersedia pada WhatsApp itu sendiri. Fitur yang sebenarnya masih dalam tahap Beta atau uji coba. Sebab itu, WhatsApp menyarankan menggunakan versi terbaru.

  • Langkah pertama yang perlu pengguna pastikan adalah WhatsApp yang akan digunakan merupakan WhatsApp versi terbaru.
  • Dengan begini, pengguna bisa update aplikasinya terlebih dahulu jika memang sudah lama tidak diperbaharui.
  • Sebab, jika WhatsApp bukan dari versi terbaru, maka bisa jadi cara ini tidak akan dapat berhasil.
  • Setelah melakukan hal tersebut maka kini tinggal bukan aplikasi WhatsApp yang ada di perangkat Android yang digunakan.
  • Setelah itu tinggal klik ikon titik tiga yang mengacu pada fitur-fitur dalam WhatsApp.
  • Jika sudah, maka pengguna bisa coba klik menu perangkat tertaut yang ada pada baris ketiga.
  • Pada halaman selanjutnya, jika WhatsApp yang digunakan sudah versi terbaru maka ada opsi beta multi device, tinggal klik opsi tersebut untuk melanjutkannya.
  • Jika sudah, maka tinggal klik gabung ke Beta dan pada saat itu juga pengguna bisa menggunakan aplikasi WhatsApp tanpa harus memiliki kuota internet.
  • Bahkan tetap akan berjalan tanpa ada saluran internet apa pun yang digunakan, sehingga akan sangat bagus digunakan disaat mendesak.

2. Gunakan Fitur Beta Multi – Device : Pada IOS

Sudah menjadi hal umum jika berbedanya perangkat yang digunakan maka pengoperasian pun akan sedikit berbeda. Termasuk saat melakukan cara agar whatsapp gratis tanpa kuota di IOS. Agar tak makin penasaran, berikut adalah langkah yang dapat dilakukan, diantaranya:

  • Sebelum itu, pastikan juga bahwa WhatsApp yang digunakan untuk ini adalah WhatsApp versi terbaru.
  • Jika sudah, maka tinggal buka aplikasi WhatsApp dan masuk pada menu pengaturan pada WhatsApp.
  • Pada halaman pengaturan, bisa coba klik opsi perangkat tertaut.
  • Baru setelahnya pengguna bisa klik atau tab menu Beta Multi device dan langkah selanjutnya adalah dengan klik opsi gabung ke BeBeta
  • Secara otomatis, seharusnya cara ini akan membuat WhatsApp pada Ios bisa digunakan secara gratis tanpa harus menggunakan kuota internet.

3. Atur Konfigurasi APN – Acces Point Names

Selain menggunakan fitur Beta, pengguna juga bisa coba dengan melakukan pengaturan konfigurasi APN. Namun perlu diingat, bahwa cara ini mungkin tidak akan berguna bagi setiap ponsel. Tapi tak ada salahnya juga jika pengguna ingin mencobanya, oleh karenanya, simak uraian berikut:

  • Sebagai upaya pertama, pengguna bisa coba langsung masuk pada halaman atau aplikasi pengaturan pada perangkat yang digunakan.
  • Jika sudah, maka tinggal klik connection dan dilanjutkan dengan klik menu mobile network.
  • Setelah itu, pengguna bisa coba langsung klik menu Access point names dan dilanjutkan dengan klik opsi add.
  • Kalau pada halaman selanjutnya pengguna akan dimintai untuk mengisi informasi dan disesuaikan dengan provider yang digunakan.
  • Karena ada banyak jenis provider, maka pada cara ini yang akan diuraikan adalah dengan menggunakan kartu provider Axis. Yakni pada kolom bertuliskan nama, maka nanti pengguna bisa coba masukkan nama apa saja, terserah.
  • Lalu pada kolom APN, bisa diisi dengan nama provider yakni Axis dan masukkan juga susunan angka proxy berupa 37.228.111.171.
  • Lalu pada kolom port isi dengan angka 80 lalu pada bagian nama pengguna atau username dan password bisa kosongkan dan abaikan saja.
  • Setelah itu, pada bagian server bisa isi dengan chat.Whatapp.net dan pastikan sudah sesuai.
  • Perlu pengguna perhatikan juga, hanya ada empat yakni Axis, Telkomsel, Tri dan XL dan semua provider memiliki proxy dan caranya sendiri.

Cara Keluar dari Beta Multi – Device

Setelah tahu bagaimana cara agar whatsapp gratis tanpa kuota, mungkin pengguna juga penasaran bagaimana keluar dari fitur tersebut. Jika pengguna penasaran, maka perlu diingat, bahwa cara yang perlu dilakukan juga hampir sama.

Bahkan langkah caranya pun sama, hanya pada bagian akhir ya saja yang berbeda. Adapun langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama yang perlu pengguna lakukan salah dengan masuk pada aplikasi WhatsApp dan klik ikon titik tiga, dan jika menggunakan IOS maka bisa sesuaikan dengan cara sebelumnya.
  • Pilih opsi perangkat tertaut, dan dilanjutkan dengan klik menu beta Multi device yang ada di halaman selanjutnya.
  • Bedanya jika sebelumnya klik opsi bergabung dengan Beta, maka kali ini pengguna bisa klik menu keluar dari Beta, selesai.

Cara Mengatasi Jika Terjadi Kegagalan

Mungkin pengguna sudah menjalankan salah satu langkah cara agar whatsapp gratis tanpa kuota yang telah diuraikan diatas, namun malah tidak berhasil dan tetap tidak bisa digunakan untuk mengirim pesan. Jika seperti itu, maka pengguna bisa coba lakukan langkah cara yang satunya lagi.

Namun jika kedua cara telah dilakukan dan tetap tidak bisa, maka ada dua kemungkinan yang bisa saja terjadi. Kemungkinan pertama WhatsApp belum diperbarui. Penyebab ini bisa saja terjadi karena sebelum melakukan langkah cara tadi, WhatsApp belum di update.

Untuk dapat mengatasi hal tersebut, maka pengguna bisa coba untuk mengupdate ulang aplikasi atau bisa juga dengan menghapus pasang. Yakni dengan menghapus aplikasi terlebih dahulu lalu tinggal unduh dan pasang kembali. Namun ada penyebab yang bisa saja terjadi.

Kemungkinan kedua yang bisa saja terjadi adalah ponsel yang digunakan tidak mendukung. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, bahwa cara ini bisa gagal dan tidak berlaku pada jenis smartphone tertentu. Namun jika memang ini yang jadi masalahnya, maka pengguna tetap harus memberi kuota.

Penutup

Demikian adalah uraian mengenai cara agar whatsapp gratis tanpa kuota yang dapat pengguna lakukan. Jika menggunakan cara pertama yakni dengan menggunakan fitur Beta maka cara tersebut dijamin akan. Sebab fitur tersebut, memang dikembangkan secara langsung oleh pihak meta sendiri.

Sehingga menggunakan cara atau fitur Beta ini sangat aman, dan sangat direkomendasikan agar bisa menikmati aplikasi dengan gratis. Sudah dijelaskan juga bagaimana cara keluar dari fitur Beta yang sebelumnya dilakukan. Bahkan data di dalamnya, juga akan tetap aman dan terlindungi.

Artikel Lainnya Terkait Trik WhatsApp: