Cara Menghilangkan Blur pada WhatsApp Web dan Memunculkannya

Posted on

Semakin lama, fitur yang disediakan WhatsApp semakin lengkap. Fitur terbaru yang disediakan adalah membuat tampilan blur di WhatsApp Web. Namun meski fitur ini sudah banyak dipakai, namun sebenarnya bagaimana cara menghilangkan blur pada WhatsApp Web yang praktis?

Padahal, proses menghilangkan blur ini akan jauh lebih mudah dari proses memunculkannya. Bagi yang membutuhkan cara menghilangkannya, maka pada uraian artikel ini akan diberikan penjelasannya secara menyeluruh. 

Bukan hanya proses menghilangkan, akan diberikan pula beberapa detail informasi lain yang sekiranya dibutuhkan. Jadi pastikan untuk memahami semua detailnya dengan baik dan jelas. Untuk itu, simak rincian berikut ini dengan lengkap:

Cara Menampilkan Blur di WhatsApp Web

Sebelum membahas tentang cara menghilangkan blur pada WhatsApp Web, pada bagian ini akan diinformasikan dulu bagaimana cara memunculkannya. Jadi sebenarnya, fitur ini masih baru dan jarang yang mengetahui bagaimana proses pemasangannya.

Oleh karenanya, pada bagian ini akan diberikan detail penjelasan yang bisa diikuti. Setidaknya ada enam poin langkah utama yang bisa dijalankan. Simak detail langkah dan penjelasan berikut ini untuk mengetahui susunan lengkap dari prosesnya:

  • Sebagai langkah awal, lakukan dulu proses pengunduhan file ekstensi di situs yang menyediakannya.
  • Apabila sudah terunduh, maka jalankan file tersebut agar bisa terpasang di browser yang dipakai dalam laptop atau PC.
  • Setelah terpasang, pengguna bisa langsung membuka browser yang bisa difungsikan. Nantinya, hasil percakapan akan langsung blur karena adanya fungsi file ekstensi tersebut.
  • Namun jika ingin menambahkan fungsi memburamkan foto profil, nama kontak, serta file biasa dan gambar, maka pengguna bisa melanjutkan proses dengan melihat menu bar di browser.
  • Pilih tombol dengan logo puzzle dam pencet tombol “Privacy Extension for WhatsApp Web”. Tombol ini akan mudah ditemukan karena memiliki logo seperti mata.
  • Jika tampilannya sudah blur, maka proses bisa dikatakan selesai.

Rincian proses di atas tentunya harus dijalankan dengan lengkap. Jangan sampai ada proses yang tidak dijalankan karena akan berpengaruh pada hasil prosesnya. Jadi, pastikan setiap detailnya diikuti dengan baik agar hasilnya sesuai keinginan.

Cara Menghilangkan Blur di WhatsApp Web

Setelah mengetahui cara memunculkannya, maka akan diberikan pula cara menghilangkan blur pada WhatsApp Web yang bisa diikuti. Sebenarnya, proses atau cara menghilangkan blur ini sangatlah mudah, dan tidak akan menghabiskan banyak waktu.

Jika proses memunculkan blur memerlukan beberapa susunan proses, maka untuk menghilangkannya hanya diperlukan satu kombinasi tombol saja. Pengguna hanya perlu memencet tombol “Alt” dan “X” secara bersamaan agar blur menghilang.

Jadi tidak ada rangkaian proses khusus untuk menghilangkan blur tersebut. Langsung saja pencet tombol “Alt + X” dan blur yang ada akan hilang. Dengan demikian, pengguna bisa langsung melihat hasil percakapan atau file dengan jelas.

Meski prosesnya bisa dikatakan sangat mudah, namun nyatanya tidak semua pihak tahu bagaimana prosesnya. Oleh sebab itu, informasi ini menjadi sangat krusial dan harus dipahami dengan baik agar bisa langsung dijalankan tanpa kebingungan.

Fungsi Blur di WhatsApp Web

Bukan hanya informasi tentang cara memunculkan dan cara menghilangkan blur pada WhatsApp Web, akan diuraikan pula mengenai fungsi fiturnya. Jadi dalam pemanfaatan fitur blur ini, ada beberapa fungsi yang bisa diraih oleh pengguna secara maksimal.

Setidaknya ada empat fungsi yang akan dijabarkan pada pembahasan ini. Penasaran mengenai daftar dan uraian lengkapnya? Simak detail berikut ini untuk mengetahui daftar serta penjelasan lengkap mengenai setiap detail fungsinya:

1. Memburamkan Hasil Percakapan

Fungsi pertama yang paling banyak dicari oleh pengguna adalah fungsi memburamkan hasil percakapan chat di WhatsApp Web. Saat memakai WhatsApp Web, maka tampilan percakapannya akan besar dan bisa dilihat orang sekitar.

Hal ini akan sangat merugikan karena privasi yang dijaga akan terlihat banyak orang dan akhirnya bisa diketahui dengan mudah. Oleh sebab itu, penggunaan fitur ini sangat diperlukan agar tampilan chat bisa disamarkan saat pertama kali dibuka.

Pengguna yang termasuk pemilik WhatsApp tentu bisa membuka tampilan blurnya agar bisa dibaca secara cepat. Kemudian, tampilan blur ini bisa kembali dimunculkan dan isi pesan akan tersimpan dengan baik tanpa harus dibaca oleh banyak pihak.

2. Menutup Foto Profil Pengirim Pesan

Foto Profil juga termasuk privasi jika dilihat oleh orang yang tidak memiliki kontak. Untuk mengamankan privasi pengirim pesan, ada baiknya jika pengguna WhatsApp Web bisa memburamkan atau menutup foto profil dengan tampilan blur.

Proses ini tentu akan sangat diperlukan agar orang lain tidak bisa melihat tampilan foto profil dengan mudah. Proses pengaturannya sendiri, tidak jauh berbeda dengan proses memburamkan pesan chat. Hanya saja ada beberapa langkah tambahan yang perlu dijalankan.

Jika blur pada pesan sudah muncul secara otomatis, maka pada foto profil ini harus dimunculkan dengan langkah-langkah tertentu. Prosesnya sudah diuraikan pada bagian di atas, dan pengguna bisa langsung mengikutinya secara menyeluruh.

3. Menutup Nama Kontak Pengirim Pesan

Fitur ini juga bisa dipakai untuk menutup nama pengirim pesan yang tersimpan. Meski terlihat sepele, namun sebenarnya fungsi ini juga sangat berguna untuk menjaga privasi pengirim pesan. Oleh karenanya, fitur ini juga bisa dijalankan.

Pengaturan untuk fungsi yang satu ini sudah menjadi satu kesatuan dengan fungsi menutup foto profil. Jadi, pengguna tidak harus menjalankannya satu per satu hingga fungsinya didapat. Pakai saja satu proses pengaturan untuk mulai menjalankannya.

4. Memburamkan File Berkas dan Foto

Terakhir, ada fungsi untuk memburamkan berkas dan foto yang sudah dikirim atau diterima. Jadi file apa saja yang masuk dan keluar juga bisa diburamkan, sehingga tidak akan mudah dibaca atau dilihat orang sekitar yang tidak ada kepentingan apapun.

Proses yang satu ini tentu saja sangat berguna karena biasanya, file berkas serta gambar memuat informasi-informasi yang sangat penting. Jadi proses memburamkan ini sangat diperlukan agar apa yang dimiliki bisa disimpan dengan baik tanpa diumbar kepada banyak pihak.

Lalu bagaimana proses memanfaatkan fungsi ini? Prosesnya sendiri sama dengan memburamkan foto profil serta nama kontak. Jadi, proses memburamkan file ini sudah menjadi satu kesatuan yang tidak mengharuskan memulai pengaturannya sendiri.

Penutup

Semua penjelasan tentang cara menghilangkan blur pada WhatsApp Web di atas tentunya bisa langsung dipahami dengan baik. Setelah dibahas, pasti pengguna akan tahu jika proses menghilangkannya sangatlah mudah dan tidak rumit.

Jadi jika dibandingkan dengan cara memunculkannya, maka akan jauh lebih mudah cara menghilangkannya. Oleh sebab itu, pengguna hanya perlu mengikuti panduan yang ada tanpa harus bingung bagaimana proses yang harus dijalankan.

Karena sudah diberikan fitur yang menarik, maka pastikan untuk mulai menjalankan prosesnya dengan baik. Fitur yang sangat fungsional ini harus dimanfaatkan untuk keperluan yang baik agar pemanfaatannya legal dan tidak salah penggunaan.

Artikel Lainnya Terkait Trik WhatsApp: