Cara Agar Whatsapp Ceklis 1 Tanpa Mematikan Data dengan dan Tanpa Aplikasi

Posted on

Sebenarnya ada beberapa cara agar whatsapp ceklis 1 tanpa mematikan data, sehingga orang lain tak akan tahu jika pengguna sedang memegang HP. Apalagi saat ada beberapa orang yang sedang ingin dihindari. Maka cara seperti ini, sangat cocok digunakan untuk menghindar. 

Secara umum agar WhatsApp ceklis satu adalah dengan mematikan data, namun dengan kata lain berarti tidak bisa mengakses platform lain. Sehingga pengguna harus off secara total, namun kini sudah ada cara untuk mengatasinya. 

Jika ingin ceklis satu, maka dengan kata lain adalah menonaktifkan aplikasi wa. Untuk melakukan hal ini pun ada beberapa macam cara. Jadi, mari simak beberapa ulasannya. 

Cara WhatsApp Ceklis Satu Tanpa Mematikan Data dan Tanpa Bantuan Aplikasi 

Pembahasan pertama adalah mengenai cara yang bisa dilakukan agar WhatsApp ceklis satu namun tidak mematikan data. Juga cara yang akan diuraikan kali ini tanpa bantuan aplikasi apa pun. Sehingga pengguna juga tidak akan terkendala ruang penyimpanan.

1. Gunakan Pengaturan Latar Belakang 

Cara pertama yang paling mudah dan tanpa menggunakan aplikasi tambahan sama sekali adalah dengan menggunakan pengaturan latar belakang. Tentunya dengan cara ini WhatsApp centang satu meski data tetap menyala. Sedang cara yang akan diuraikan adalah menggunakan perangkat Android. 

  • Pertama, bisa langsung masuk ke menu pengaturan yang ada di ponsel biasanya ditandai dengan ikon bergerigi. 
  • Setelah itu, pengguna bisa langsung coba masuk ke halaman aplikasi terinstal yang ada di halaman paling bawah.
  • jika sudah lanjutkan dengan pilih aplikasi WhatsApp, dan klik agar masuk pada halaman aplikasi tersebut.  
  • Lalu klik data atau penggunaan data dan tinggal geser toggle pada bagian latar belakang. 
  • Mungkin sistem akan memberikan pemberitahuan tentang dampak dari menonaktifkan menu tersebut, pengguna bisa langsung disetujui. 
  • Sedang pada hp Xiaomi, ada pilihan lain, pengguna bisa nonaktifkan penggunaan data seluler atau WiFi sekaligus.
  • Sedang untuk memulihkan maka tinggal lakukan hal yang sama namun dengan mengaitkan atau memberikan akses data. 

2. Pakai Opsi Paksa Berhenti Atau Force Stop 

Seharusnya cara pertama yang telah diuraikan akan berhasil, hanya saja jika pengguna ingin menjajal cara lain maka tentu ada lagi caranya. Yakni cara kedua ini adalah dengan menggunakan opsi paksa berhenti. Sehingga WhatsApp akan nonaktif dan hanya ceklis satu. 

  • Pada urutan pertama yang perlu pengguna lakukan adalah dengan buka halaman yang ada di ponsel. 
  • Setelah itu masuk ke menu aplikasi terinstal, jika sudah maka bisa langsung cari aplikasi WhatsApp dan klik aplikasinya. 
  • Lalu pada halaman yang muncul di bagian bawah ada opsi paksa berhenti, bisa klik opsi tersebut. 
  • Namun untuk menjalankan cara ini alangkah baiknya jika perhatikan konsekuensi yang akan diterima, seperti misalnya kehilangan data atau semacamnya, jadi berhati-hatilah. 
  • Namun meski begitu, dalam salah satu sumber dikatakan bahwa tidak akan menghilangkan data apa pun. 

3. Hapus Aplikasi WhatsApp 

Jika ingin pesan hanya centang satu dalam jangka waktu lama maka bisa gunakan cara agar whatsapp ceklis 1 tanpa mematikan data dengan menghapus aplikasi. Cara ini juga merupakan cara yang paling mudah. Meski terbilang cukup ekstrim karena langsung menghapus aplikasi. 

Tapi jika pengguna Menghapus aplikasi ini, maka kemungkinan besar pengguna tidak akan bisa membaca semua pesan yang masuk selama WhatsApp tidak dioperasikan. Sehingga cara ini tidak begitu disarankan. Namun jika paham konsekuensinya, maka boleh saja. 

Juga pengguna juga bisa coba untuk mencadangkan pesan dan file didalamnya terlebih dahulu ke google Drive. Cara ini bertujuan agar saat pengguna ingin online kembali maka data yang ada di dalamnya bisa kembali dibaca. Namun tidak begitu disarankan.

Cara Agar WhatsApp Ceklis Satu Tanpa Mematikan Data dengan Bantuan Aplikasi 

Jika ketiga cara yang telah disebutkan tanpa membutuhkan aplikasi tambahan, maka cara agar whatsapp ceklis 1 tanpa mematikan data dengan aplikasi tambahan. Tentu tujuan dari penggunaan aplikasi ini adalah agar WhatsApp nonaktif. Sehingga pesan yang masuk pun hanya ceklis satu:

1. Pakai aplikasi Mobiwol 

Jika ingin menggunakan bantuan aplikasi, maka bisa coba gunakan aplikasi Mobiwol. Dengan aplikasi ini nanti pengguna bisa menonaktifkan WhatsApp.

Dengan begini pengguna tetap dapat mengoperasikan ponsel dengan data yang menyala namun WhatsApp tetap centang satu seolah tengah offline. Adapun langkah yang dapat dilakukan yakni:

  • Untuk dapat melakukan cara ini, maka pengguna bisa memulainya dengan mengunduh aplikasi ya terlebih dahulu. 
  • Jadi tinggal cari aplikasi dengan kata kunci Mobiwol, setelah ditemukan maka tinggal klik unduh. 
  • Tunggu sesaat hingga aplikasi berhasil tersimpan, lalu yang perlu pengguna lakukan selanjutnya adalah dengan masuk ke aplikasi dan mulai untuk mengoperasikan. 
  • Langkah berikutnya, pengguna bisa klik menu pengaturan firewall yang ada di halaman aplikasi tersebut. 
  • Nanti pengguna akan dapat melihat ikon WiFi, agar non aktif maka tinggal klik ikon tersebut dan tunggu hingga warnanya menggelap.
  • Dengan begini maka aplikasi akan dengan otomatis berhenti dan orang yang mengirim pesan pada pengguna hanya centang satu saja. 
  • Jika ingin kembali mengoperasikan WhatsApp, maka tinggal lakukan hal yang sama, namun pada bagian terlahir yang dengan mengaktifkan ikon atau simbol WiFi. 

2. Gunakan Aplikasi Hibernator 

Penggunaan aplikasi kedua untuk cara agar whatsapp ceklis 1 tanpa mematikan data adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Hibernator. Fungsi dari aplikasi ini juga masih sama, yakni menonaktifkan WhatsApp sementara waktu.

Sehingga WhatsApp pun hanya centang satu meski data tengah menyala. Adapun langkah yang dapat dilakukan yakni:

  • Hal yang perlu pengguna lakukan untuk menjalankan cara ini adalah dengan mengunduh aplikasi ya terlebih dahulu. 
  • Jika sudah, maka tinggal operasikan aplikasi dan dalam aplikasi tersebut pengguna bisa pilih aplikasi WhatsApp. 
  • Selanjutnya pengguna bisa klik menu pengaturan dan bisa lanjutkan dengan klik menu akses data. 
  • Tahap akhir adalah dengan mengaktifkan menu untuk meningkatkan WhatsApp sementara, selesai. 

3. Lewat Aplikasi Greenify 

Cara terakhir yang bisa pengguna coba lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Greenify. Dimana dengan aplikasi ini nanti WhatsApp yang pengguna miliki akan mati sementara.

Sehingga pesan yang masuk pun hanya centang satu saja namun saat aktif pesan tersebut tetap masuk. Adapun langkah yang dapat dilakukan yakni:

  • Langkah yang terlebih dahulu harus dilakukan adalah dengan mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. 
  • Jika Aplikasi Greenify berhasil diunduh, operasikan aplikasi dan masuk pada menu my device is not rooted dan pastikan ponsel tidak di root di waktu sebelumnya. 
  • Lalu pilih menu pengaturan manual di bagian hibernation only  lalu klik nonaktifkan aplikasi WhatsApp, selesai.  

Penutup

Demikian adalah beberapa cara agar whatsapp ceklis 1 tanpa mematikan data yang bisa pengguna lakukan. Pengguna bisa coba salah satu cara yang telah diuraikan di atas. Karena beberapa cara yang telah diuraikan adalah untuk menonaktifkan sementara maka bisa dipulihkan kembali. 

Dengan menonaktifkan WhatsApp, maka dengan begitu semua pesan yang masuk akan centang satu saja. Pengguna juga tidak akan terganggu dengan notifikasi beruntun yang biasanya masuk. Orang lain juga tidak bisa menelepon melalui aplikasi WhatsApp, karena WhatsApp sudah dinonaktifkan.

Artikel Lainnya Terkait Trik WhatsApp: