Trik Teks Whatsapp dengan dan Tanpa Bantuan Aplikasi

Posted on

Agar tulisan saat melakukan perpesanan di WhatsApp terlihat menarik, maka harus tahu beberapa trik teks whatsapp untuk dipraktekkan. Pada dasarnya, di WhatsApp tidak banyak model tulisan yang dimiliki. Ada beberapa model tulisan, namun hanya bisa digunakan saat membuat story saja. 

Memang ada beberapa trik yang akan membantu hasil tulisan menjadi lebih unik. Bahkan mungkin teman-teman yang lain tidak bisa melakukannya. Sebab itu agar terlihat menarik, maka pengguna bisa coba beberapa tips trik yang akan disebutkan. 

Di bawah ini akan ada dua tipe cara yang diuraikan yakni dengan menggunakan bantuan aplikasi dan tanpa aplikasi apa pun. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa uraian berikut:

Trik Tulisan WhatsApp Tanpa Bantuan Aplikasi 

Pada urutan awal yang akan diuraikan kali ini adalah bagaimana cara membuat tulisan unik namun tanpa bantuan aplikasi. Dalam cara ini pengguna bisa menggabungkan simbol-simbol yang akan mengubah gaya tulisan. Agar lebih paham, maka bisa langsung simak penjelasannya berikut. 

1. Gunakan Ikon  (_) Garis Miring Untuk Membuat Tulisan Miring – Italic 

Trik pertama yang akan diuraikan kali ini adalah dengan membuat tulisan miring. Trik satu ini bisa pengguna m terapkan di mode perpesanan ataupun di wa story. Caranya pun cukup mudah, hanya tinggal menggunakan ikon Garis bawah atau _. 

Ikon tersebut, bisa digunakan untuk mengapit kata atau kalimat yang dingin dimiringkan. Seperti misalnya _tulisan miring_ maka akan menjadi tulisan miring. Namun jika digunakan untuk paragraf panjang pengguna harus memberikan tanda miring di setiap kalimatnya. 

2. Gunakan Ikon (*) Bintang Untuk Membuat Tulisan Tebal – Bold 

Jika ingin model lain maka bisa coba gunakan ikon bintang, agar tulisan kata atau kalimat menjadi tebal atau bold. Cara menggunakan trik teks whatsapp dengan bintang ini, juga cukup mudah. Sebab, penggunaan ikon ini pun sama seperti sebelumnya. 

Setiap kata atau kalimat yang akan diubah menjadi tulisan tebal, maka bisa letakkan ikon * di sebelum dan di sesudah kalimat atau kata. Misalnya adalah *tulisan* atau *contoh pada kalimat tulisan. Dengan ikon ini, maka tulisan akan lebih tebal dan besar. 

3. Gunakan Ikon (~) Tilde Untuk Membuat Tulisan Bergaris di Tengah 

Ada lagi trik lain yang juga akan membuat tulisan WhatsApp WhatsApp menarik yakni dengan garis di tengahnya. Cara ini bisa dilakukan pada teks pesan ataupun teks story. Namun yang terpenting penggunaan ikon ini, hanya dapat digunakan di WhatsApp saja. 

Contohnya adalah ~Contoh tulisan~ maka tulisan akan secara otomatis bergaris di tengah. Agar lebih keren lagi, pengguna juga bisa mengkombinasikan dengan dua ikon sebelumnya. Jadi bisa tulisan tebal bergaris, atau tulisan miring bergaris. 

4. Gunakan Ikon (“`) Untuk Membuat Tulisan Monospace 

Pada urutan keempat untuk trik teks whatsapp adalah dengan menggunakan  ikon “`. Biasanya ikon ini akan pengguna temukan di abjad Jepang. Namun pengguna juga akan menemukan ikon ` di abjad Indonesia yang tepat berada di samping ikon ~.

Contoh penggunaan ikon ini pun sama seperti pada beberapa teks sebelumnya. Pengguna bisa langsung buka aplikasi WhatsApp, dan bukan menu perpesanan. Tinggal buat kalimat yang dingin di model Monospace dan tinggal tulis “` pada awal dan akhir kalimatnya.

Trik Tulisan dalam WhatsApp dengan Bantuan Aplikasi 

Jika yang telah diuraikan sebelumnya adalah tanpa bantuan aplikasi sama sekali, maka pembuatan tulisan unik kali ini mengharuskan pengguna mengunduh aplikasi. Beberapa cara dibawah ini, menggunakan beberapa jenis aplikasi. Jika penasaran, maka bisa langsung simak langkah caranya berikut:

1. Gunakan Aplikasi Upside Down untuk Membuat Tulisan Terbalik 

Penggunaan aplikasi pertama yang akan dipaparkan adalah untuk membuat tulisan menjadi terbalik. Ini bisa dilakukan jika tengah ingin mengerjai teman atau memang untuk bergaya saja. Agar tak makin penasaran, berikut ulasannya:

  • Langkah awal pengguna bisa langsung unduh aplikasi Upside Down – flip teks terlebih dahulu. 
  • Jika sudah, maka di gagal buka aplikasi dan mulai untuk mengoperasikan. 
  • Pada halaman yang sudah disediakan, pengguna bisa coba untuk menuliskan teks yang ingin dibuat terbalik dengan menulisnya secara normal. 
  • Lalu pada halaman setengah di bagian bawah akan menampilkan teks kalimat yang telah terbalik. 
  • Pengguna hanya tinggal menyalin teks tersebut dan tinggal tempel dan kirimkan ke teman WhatsApp atau story, selesai. 

2. Pakai Aplikasi Fancy Teks Untuk Membuat Berbagai Tulisan Alay 

Jika pengguna suka dengan berbagai tulisan alay saat melakukan perpesanan, maka bisa coba gunakan aplikasi Fancy Teks. Di sana ada banyak macam tulisan atau model teks alay yang bisa digunakan. Untuk langkahnya, akan diuraikan di bawah sebagai berikut:

  • Pertama pengguna bisa langsung coba dengan mengunduh aplikasi Fancy Teks nya terlebih dahulu. 
  • Jika sudah, maka bisa langsung pasang aplikasi dan mulai untuk mengoperasikannya. 
  • Pada halaman utama aplikasi, pengguna bisa coba klik menu Fancy teks dan nanti akan ada halaman yang berisi garis-garis. 
  • Setelah itu pengguna bisa langsung tulis teks atau kalimat yang ingin dijadikan pesan dalam gaya alay. 
  • Jika kalimat teks yang dibuat telah jadi, maka selanjutnya bisa pilih gaya tulisan alay yang ingin digunakan.
  • Selanjutnya tinggal bagikan pada group atau pesan pribadi pada kontak yang ada di WhatsApp, selesai. 

3. Pakai Aplikasi Blue Texs – Black Text To Blue Form Untuk Mengubah Tulisan Menjadi Biru 

Pembahasan mengenai trik teks whatsapp selanjutnya yang akan dibahas kali ini adalah dengan membuat teks hitam menjadi berwarna biru. Pada cara kali ini membutuhkan aplikasi yang namanya Blue Text. Agar lebih mudah mempraktekkan, berikut adalah panduannya:

  • Dalam langkah cara yang menggunakan aplikasi, maka yang pertama harus dilakukan adalah dengan mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. 
  • Jika sudah maka pengguna bisa langsung bisa mengoperasikan aplikasi yang telah terpasang. 
  • Pada halaman yang disediakan, tinggal tulis kalimat yang warnanya ingin diubah menjadi warna biru. 
  • Setelah tulisan yang diinginkan selesai, maka tinggal klik hasil untuk melihat hasil dari tulisan tersebut. 
  • Lalu tinggal klik tulisan yang muncul di bawahnya dan pilih copy untuk menyalin tulisan.
  • Setelah itu tinggal keluar dari aplikasi tersebut, dan masuk pada aplikasi WhatsApp, pilih kontak yang akan dikirimi pesan itu. 
  • Pada kolom pesan yang tersedia, pengguna bisa tekan lama dan muncul beberapa opsi, tinggal klik paste atau tempelkan agar pesan tertempel. 
  • Jika sudah tertempel, maka bisa langsung klik kiri, maka secara otomatis pesan yang terkirim font yang dimiliki berwarna biru. 

Penutup

Demikian adalah beberapa trik teks whatsapp yang bisa pengguna coba gunakan. Pengguna bisa coba cara atau gaya teks yang pengguna inginkan. Teks seperti ini pun masih jarang yang menggunakan, sehingga ketika penggunaan teks unik ini masih dianggap keren. 

Untuk cara pertama pengguna tidak memerlukan aplikasi apa pun, sehingga bisa kapan saja menggunakan font bergaya. Sedang untuk penggunaan aplikasi mungkin akan sedikit rumit. Tentunya karena pengguna harus menulis, menyalin dan menempel untuk mengirimkan pesan, namun tak ada salahnya mencoba.

Artikel Lainnya Terkait Trik WhatsApp: